RSS

Motherboard

02 Feb

MOTHERBOARD

Komputer merupakan piranti elektronika digital yang dirancang secara modular. Sistem komputer tersusun dari sejumlah modul komponen dan piranti yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing dan kemudian saling dihubungkan membentuk sistem komputer. Komponen penyusun sistem komputer dapat dikelompokkan menurut fungsinya atas :

a) Unit Processor

b) Unit BUS

c) Unit Penyimpanan

d) Piranti Antar muka

Unit Processor berfungsi sebagai “otak” dan “Badan” dari sistem komputer yang bertugas memproses instruksi program, menghubungkan serta mengatur lalulintas data pada seluruh sistem. Komponen penyusun unit processor terdiri atas:

1. Processor
2. Motherboard
3. Memory
4. Power Supply
5. Casing

Kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang motherboard. Motherboard alias mainboard alias system board, ketiganya mengacu pada satu barang yang sama, yakni sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menggerakan system PC secara keseluruhan. Secara prinsip, sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni :

1. Soket (Slot prosesor), adalah tempat pada motherboard yang dipakai untuk menancapkan prosesor. Jenis soket pada motherboard terbaru selalu berubah untuk menyesuaikan dengan perkembangan prosesor. Jenis soket prosesor bisa berbeda-beda, tergantung merk dan tipenya. Jadi setiap motherboard cenderung ditujukan untuk prosesor jenis tertentu saja.

2. System chipset, adalah chip utama pada motherboard yang menentukan kemampuan motherboard secara keseluruhan. Chipset dibuat agar motherboard bisa memanfaatkan prosesor secara optimal. Karena itu, jenis chipset terus berubah sesuai dengan perkembangn teknologi prosesor. Secara umum chipset berfungsi sebagai penghubung antara prosesor, motherboard, dan piranti lainnya yang ditancapkan melalui BUS sistem.

Disebut chipset karena barang satu ini umumnya merupakan sepasang chip yang mengendalikan prosesor dan fitur-fitur hardware yang ada pada mortherboard secara menyeluruh. Sepasang chip ini, yang satu buah disebut North Bright chip dan satu lagi dipanggil South Bridge chip, bisa dibilang merupakan panglima tertinggi pada sebuah system bernama motherboard. Jenis chipset yang digunakan pada motherboard akan menentukan beberapa hal antara lain.

1. Tipe prosesor yang biasa digunakan

2. Jenis memori yang biasa mendukung system PC dan kapasitas maksimumnya

3. Kelengkapan I/O yang mampu disediakan

4. Tipe display adapter yang bisa digunakan

5. Lebar data pada motgherboarad yang bisa didukung

6. Ketersedian fitur-fitur tambahan (misalnya LAN, sound card, atau modem onboard).

3. Slot RAM, berupa beberapa slot untuk menancapkan keping memori RAM. Biasanya ada 2 buah atau lebih. Semakin banyak jumlah slot RAM, akan lebih menguntungkan sebab semakin banyak pula keping memori RAM yang bisa dipasang. Jenis dan spesifikasi RAM yang bisa ditancapkan pada motherboard berbeda-beda.

4. Slot ekspansi, adalah slot yang dpakai untuk menancapkan kartu (card) lain jika diperlukan. Ada banyak tipe slot ekspansi, misalnya PCI, ISA, AGP, dan PCI Express. Jenis kartu yang bisa dipasang pada slot ekspansi, antara lain kartu jaringan (network card), sound card, TV tuner internal, graphic card dan lain-lain.

5. Real Time Clock (RTC), menjaga agar waktu dan tanggal pada komputer tetap aktif.

6. Baterai, dipakai untuk sipply listrik pada komponen-komponen tertentu saat komputer dimatikan. Dengan demikian, komputer tetap bisa mengingat jam dan konfigurasi BIOS. Jika baterai habis/low, konfigurasi BIOS dan jam akan kembali kenilai awal (default). Biasanya, baterai dibuat dengan teknologi lithium atau Ni-Cad.

7. Power connectors, beupa konektor untuk menghubungkan motherboard dengan power supply.

8. I/O Port, berikut I/O port yang umum ada pada motherboard :

a) Port PS/2 untuk colokan keyboard dan mouse.

b) Port serial (COM, 9 pin) dipakai untuk alat yang membutuhkan komunikasi dua arah, seperti modem, scanner, digitizer dan lain-lain.

c) Port paralel (LPT, 25 pin) banyak digunakan pada printer dan scanner lama. Lebih cepat pada port serial.

d) USB (universal Serial Bus) hampir semua peripheral komputer terbaru mendukung port USB.

e) Firewire sama seperti USB firewire mendukung hot swap dan daisy chain hingga 63 peripheral.

f) IrDA (Infrared Data Association) merupakan koneksi tanpa kabel (nirkabel (wireless)).

g) Bluetooth sama seperti IrDA merupakan koneksi wireless, lebihmaju daripada IrDA.

Contoh Diagram Motherboard :

Diagram Motherboard

Motherboard dibedakan menurut tipe processor yang didukung dan form factor (bentuk dan ukuran) dari motherboard. Dari socket/slot processor yang terpasang dapat diketahui jenis processor yang sesuai untuk motherboard tersebut.

Form factor motherboard terdiri dari jenis:

· Baby AT (motherboard lama)

· Full Size AT (motherboard lama)

· LPX (motherboard lama)

· ATX (motherboard saat ini)

· Micro ATX (motherboard saat ini)

· NLX (motherboard saat ini)

· WTX (motherboard saat ini)

· Flex ATX (motherboard saat ini)

· BTX ((motherboard baru)

Contoh – contoh motherboard

Istilah Teknis Motherboard :

a) ZIF (Zero Insertion Point) Merupakan jenis soket yang banyak digunakan pada komputer sehingga chip bisa dimasukkan ke dalam soket hampir tanpa usaha sama sekali. Dengan menggunakan teknik lama, diperlukan gaya hingga beberapa Newton yang bisa menyebabkan kaki-kaki IC (misalnya prosesor) rusak.

b) IRQ (Interrupt ReQuest) digunakan untuk mengatur aliran data yang melewati Bus I/O. Sinyal interrupt dipakai agar bisa mengirim dan menerima data. Untuk membedakan dan menentukan prioritas IRQ, digunakan penomoran tertentu. Jika ada dua alat atau lebih dengan nomor IRQ sama, akan terjadi konflik sehingga tidak bisa digunakan.

c) I/O Address merupakan alamat dalam memori dari suatu port atau slot (misalnya port serial, port paralel, slot ekspansi). Dengan demikian, CPU bisa berkomunikasi dengan alat yang tehubung melalui port atau slot tersebut

 
Leave a comment

Posted by on February 2, 2009 in Camilan IT

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: