RSS

Teknologi Wireless xMax

22 May

xMax Merupakan perkembangan dari teknologi WiMax dan wireless 3G. xMax dianggap sebagai jawaban untuk masalah konsumsi daya dan kecepatan transmisi. Hal besar yang ingin dilayani teknologi WiMax dan ponsel 3G adalah pengiriman data ke tempat yang jauh, dengan kecepatan tinggi dan irit baterai. Konsepnya terkesan sederhana, tapi ada perbandingan terbalik yang berlaku antara kapasitas atau kecepatan jaringan, dan jarak serta konsumsi daya. Semakin tinggi kecepatannya maka semakin pendek jarak transmisi. Kecepatan tinggi untuk jarak yang jauh berarti megeluarkan lebih banyak energi, yang diambil dari baterai.

xMax menangani transmisi, penerimaan, modulasi, dan penyandian data digital melalui frekuensi radio (RF). Penggunaan daya yang rendah untuk jaringan broadband wifi jarak jauh merupakan sesuatu yang sangat mengesankan karena semakin lama anda dapat menjaga baterai, semakin bernilai teknologi tersebut. Dengan mengontrol konsumsi daya maka anda dapat melakukan banyak aplikasi pada peralatan mobile, xMax menggunakan siklus tunggal bit modulasi untuk mentransfer data. Pendekatan standar untuk komunikasi RF memerlukan puluhan hingga ratusan ribu siklus RF untuk mengirimkan satu bit informasi, dan setiap individu memerlukan serangkaian siklus jumlah daya untuk dihasilkan.

xMax juga mentransmisikan data pada panjang gelombang dan tingkat daya yang tidak memerlukan izin dari FCC (Federal Communications Commission) untuk digunakan, yang berarti bahwa siapa pun yang membeli pemancar dapat mengkonfigurasi jaringan nirkabel hingga radius 15 mil. Teknologi XG menjanjikan untuk membuat pemancar xMax tersedia untuk umum sekitar tahun 2006., xMax memungkinkan internet nirkabel berkecepatan tinggi penyiaran oleh siapa pun yang membeli sebuah pemancar. XG’s visi untuk teknologi ini meliputi izin untuk menjadi ISP dengan xMax wifi broadband nirkabel.

Karena daya yang diperlukan oleh xMax rendah ini bertolak belakang dengan jangkauan pancaran sinyal RF. Untuk mengatasinya maka Max menggunakan frekuensi channel berdaya pancar sub-gigahertz. Frekuensi ini dapat menghindari ganguan yang diakibatkan berbagai penghalang seperti tembok atau pohon. Kekurangannya, frekuensi di bawah 1GHz dinilai kecil, sehingga menimbulkan kesulitan dalam mengirimkan data yang besar. Untuk memecahkan masalah ini Joe Bobier, penemu xMax, mengembangkan teknologi yang dapat memecah transmisi radio menjadi banyak channel. Gelombang pendek sub-GHz dapat digunakan untuk membuat dan mengkoordinasikan sinyal penerima dan pengirim. Dan karena tingkat daya sangat rendah, data dapat dikirimkan melalui channel yang berdekatan yang membawa data dari peralatan lain.

 
Leave a comment

Posted by on May 22, 2010 in Camilan IT

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: