RSS

Persaingan Software Smartphone Semakin Ketat

25 May

Android Google Tempati Posisi Apple iPhone

GOOGLE Inc tidak bisa dianggap remeh lagi oleh Apple Inc. Dalam kuartal pertama tahun ini, android, software yang dibesut Google berhasil menempati posisi kedua di Amerika Serikat. Posisi itu sebelumnya diduduki Apple.

Persaingan software untuk smartphone semakin kencang. Di tengah pesatnya kompetisi di era pasar ponsel, pendatang baru tidak boleh lagi dianggap remeh. Setidaknya itu dibuktikan sistem operasi (OS) android yang ditelurkan Google Inc. Berdasar NPD Group, smartphone yang menggunakan OS android, menempati 28 persen penjualan smartphone di Amerika Serikat pada kuartal pertama 2010. Posisi tersebut berada di belakang Research in Motion Ltd, pabrikan handset BlackBerry yang masih menempati posisi pertama dengan market share 36 persen.

Sejak dirilis pada 2007, Apple sudah menjual lebih dari 51 iPhone di seluruh dunia. Perusahaan yang digawangi Steve Jobs itu memiliki lebih dari 200 ribu aplikasi untuk memenuhi dahaga penggunanya.

Pada kuartal pertama, usai rilis, iPhone yang saat itu dijual eksklusif di operator telekomunikasi AT&T di AS, menempati posisi tiga pada market share OS smartphone. Dan, posisi tersebut melesat menjadi nomor dua dan cenderung stabil sampai sekarang.

Namun, saat ini Apple harus bekerja keras bila ingin mempertahankan posisi. Tidak seperti Apple yang menggunakan software untuk produk sendiri, Google menawarkan software android untuk pabrikan ponsel lain. Pada April, Google mengklaim lusinan perusahaan menawarkan lebih dari 34 perangkat yang akan ditanam android.

“Kekuatan yang ditunjukkan Google saat ini tidak lepas dari promosi yang dilakukan,” ulas pengamat NPD, Ross Rubin. “Selain itu, masyarakat sekarang mungkin sedang mencari sesuatu yang baru dari yang sebelumnya sudah ada,” sambungnya seperti dikutip kantor berita Reuters kemarin.

Smartphone memang booming di mana-mana. Perangkat tersebut memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna untuk browsing internet, membaca dan mengirim e-mail, dan melakukan aktivitas yang membutuhkan aplikasi. Alhasil, ponsel pintar juga menjadi lahan persaingan sengit perusahaan teknologi yang berusaha menguasai pasar yang sedang berkembang.

Bahkan, begitu menariknya pasar smartphone, sampai-sampai beberapa perusahaan yang sebelumnya tidak memproduksi ponsel, ikut terjun. Misalnya, Hewlett-Packard Co yang bulan lalu mengatakan akan menggelontorkan USD 1,2 miliar untuk mengakuisisi Palm Inc. Palm Inc menjual dua modal smartphone yang memanfaatkan OS WebOS. Atau, Microsoft Corp lewat OS Windows yang selama ini sudah berjaya lewat personal computer (PC) ikut merilis smartphone mereka bulan lalu.

Disadur dari : http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=133380

 
2 Comments

Posted by on May 25, 2010 in Android

 

Tags:

2 responses to “Persaingan Software Smartphone Semakin Ketat

  1. Reza

    May 27, 2010 at 9:50 pm

    sebaiknya apel dan berry tetap jadi buah2an saja, jangan mengurusi teknologi🙂

     
  2. Aria MArwan Putra

    June 3, 2010 at 9:11 pm

    sekarang udah Zamannya konvergensi Teknologi jadi batasan-batasan antara buah-buahan juga mulai pudar…hehehe

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: